10 Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa (Natural)

Artikel SEO dan artikel biasa memang tidak bisa disamakan. Ada banyak banget perbedaan antara artikel SEO dan artikel biasa. Cara paling mendasar untuk melihat perbedaannya yaitu dengan melihat perlakuan khusus pada proses pembuatannya.

Artikel SEO ditulis dengan kaidah SEO agar artikel bisa lebih mudah masuk di halaman 1 hasil pencarian. Artikel ini dibuat dengan mengembangkan kata kunci tertentu agar bisa muncul di SERP mesin telusur.

Sedangkan artikel biasa dibuat dengan cara sederhana dengan tujuan hanya untuk mengedukasi pembaca atau memberikan hiburan saja.

Untuk memahamil hal ini lebih jauh, mungkin akan kita mulai pembahasan ini dengan pengenalan tentang artikel SEO.

Apa Itu Artikel SEO?

Sependek pengetahuan saya, artikel SEO itu adalah sebuah tulisan yang ditulis berdasarkan kata kunci tertentu menggunakan kaidah penulisan artikel SEO.

Artikel SEO ini ditulis dengan menggunakan format khusus dan sistematis. Ini sebagai langkah awal untuk membuat artikel yang bisa muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin telusur.

Dalam konteks khusus, artikel SEO ini bisa dibilang sebagai artikel yang dibuat khusus agar mesin telusur menyukainya dan menampilkan artikel tersebut di halaman 1.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa Berdasarkan Terknik Penulisannya

Salah satu perbedaan artikel SEO dan artikel biasa bisa kita lihat dari teknik penulisannya. Karena jujur saja, teknik menulis artikel SEO dan artikel biasa itu ada banyak perbedaannya, di antaranya:

1. Teknik Penulisan Artikel SEO

Karena artikel SEO ditujukan untuk search engine, maka cara penulisannya pasti beda dengan artikel biasa. Artikel SEO ditulis dengan perlakukan khusus.

Adapun teknik penulisan artikel SEO tersebut, di antaranya:

1.1. Penulisan Judul Harus Mengandung Kata Kunci

Judul artikel SEO syaratnya harus mengandung kata kunci. Ini mutlak wajib dilakukan, bahkan semua tools SEO sepakat akan hal ini.

Misalnya: Kata kunci target anda adalah sup ayam, maka judul artikelnya harus mengandung kata kunci tersebut. Contohnya: “5 Resep sup ayam paling nikmat dan bikin ketagihan“.

1. 2. 100 Kata Pertama Artikel Mengandung Kata Kunci

Tidak hanya ditulis pada judul, kata kunci target juga harus ditulis pada 100 kata pertama. Baik di awal, tengah ataupun akhir paragraf.

Jadi paragraf pertama dalam artikel SEO itu harus ditulis kata kunci target.

Penempatannya bebas, mau di awal paragraf, tengah ataupun di akhir. Dengan catatan ada d posisi 100 kata pertama.

Baca juga:   7 Kelebihan Artikel SEO dan Manfaatnya Untuk Optimasi SEO

1. 3. Kata Kunci Dimasukkan Beberapa Persen (%) Dalam Artikel

Selain di paragraf pertama, kata kunci target juga harus dituliskan secara merata kedalam artikel. Penyebaran kata kunci ini tidak boleh terlalu banyak.

Biasanya para penulis artikel SEO menuliskan kata kunci antara 3% hingga maksimalnya 10%. Namun harus ditulis secara natural. Bukan asal tulis saja pada kalimat tertentu.

1. 4. Kata Kunci Dimasukkan Ke Dalam Image di Artikel

Selain ke dalam artikel, kata kunci target juga harus dimasukkan ke dalam image sebagai alt text image. Hal ini dimaksudkan agar robot Google bisa membaca maksud dari gambar tersebut.

Image dalam artikel ini wajib sekali disisipkan alt text.

Hal ini akan memperkuat kualitas artikel SEO yang sudah kita buat. Namun gambar yang dibuat juga jangan sembarangan. Gambar harus relatable dengan isi artikelnya.

1. 5. Artikel Dilengkapi dengan Kata Kunci Turunan

Kata kunci turunan adalah kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utamanya. Atau kata kunci yang dapat mempertegas isi dari artikel yang ditulis.

Dalam penulisan artikel SEO, kata kunci turunan ini sangat penting bahkan sangat disarankan dalam proses penulisannya.

Google sendiri sebagai mesin telusur nomor 1 sangat menyukai hal ini.

1.6. Artikel Dilengkapi Internal dan Eksternal Link

Dalam artikel SEO, anda juga pasti akan menemukan beberapa link. Secara garis besar ada 2 jenis backlink dalam penulisan artikel SEO, yaitu:

  • Internel link: yaitu link yang mengarah pada pada web tersebut
  • Eksternal link: yaitu link yang mengarah ke website lain

Dalam teknik penulisan artikel SEO, perlu memasukkan internal link dan juga eksternal link. Namun komposisinya 10:1.

Artinnya 10 internal link baru dipost 1 eksternal link dalam artikel.

Link yang dipasang pada artikel ini juga tidak boleh sembarangan. Backlink yang dipasang harus ditulis dengan menggunakan ancor text yang variatif.

Ada beberapa jenis ancor text yang dapat digunakan dalam penulisan link di artikel, di antaranya yaitu:

  • Brand ancor text: Ancor text yang dibuat menggunakan brand web, contohnya: Hallokim
  • General ancor text: yaitu ancor text yang dibuat dengan kata-kata umum untuk link, contohnya: klik di sini, baca di sini, dan lain-lain
  • Naked ancor text: yaitu ancor text yang dibuat menggunakan link secara utuh, contohnya https://hallokim.com/
  • Image ancor text: yaitu ancor text berupa gambar
  • LSI ancor text: yaitu ancor text yang dibuat dari kata kunci turunan
  • Exact match ancor text: yaitu jenis ancor text yang dibuat menggunakan kata kunci utama yang ditulis dalam artikel
  • Partial ancor text: yaitu ancor text yang dibuat variasi lain dari kata kunci utama
Baca juga:   7 Manfaat Artikel SEO & Dampaknya Bagi Bisnis Online

2. Teknik Penulisan Artikel Biasa

Sedangkan artikel biasa dibuat dengan teknik penulisan yang berbeda dari artikel SEO. Proses penulisannya lebih sederhana dan lebih simpel dari artikel SEO.

Berikut ini proses pembuatannya:

2.1. Judul Artikel Ditulis Secara Natural

Pada bagian judul, artikel biasa tidak perlu menyisipkan kata kunci tertentu.

Penulisan judul lebih bebas dan lebih informatif. Anda bisa menuliskan judul artikel biasa tanpa harus mengikuti panduan penulisan artikel SEO.

2.2. Artikel Tidak Menggunakan Kata Kunci Tertentu

Penulisan artikel juga tidak mengacu pada kata kunci tertentu. Anda bisa menulis sesuai dengan tema artikel saja.

Artikel hanya perlu dibuat sesuai dengan temanya. Artikel biasa acuannya hanya pada isi artikel saja. Maksud dari artikel ini apa, harus ditulis secara deskriptif dan jelas.

2.3. Tidak Terikat dengan Kaidah Penulisan SEO

Pada artikel biasa, aturan penulisan artikel SEO jadi tidak berlaku sama sekali. Artikel biasa tidak perlu menuliskan kata kunci tertentu pada artikelnya, tidak perlu juga menuliskan kata kunci turunan.

2.4. Tidak Perlu Memasukkan Link ke Dalam Artikel

Tidak hanya itu, di artikel biasa anda juga tidak perlu menuliskan link ke dalam artikel. Link bisa kamu masukkan sesuai dengan kebutuhan saja (tidak wajib).

2.5. Artikel Biasa Bisa Ditulis Sesuai Keinginan

Artikel biasa, bisa anda buat sesuai dengan keinginkan sendiri tanpa ada ikatan dan aturan tertentu.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa Berdasarkan Tujuan Penulisannya

Selain dari teknik penulisannya, dilihat dari tujuan penulisannya ada banyak juga lho perbedaan artikel SEO dan artikel biasa. Beberapa perbedaan antara keduanya, yaitu:

1. Tujuan Penulisan Artikel SEO

1.1. Agar Muncul di Hasil Pencarian Google

Artikel SEO ditulis dengan tujuan untuk masuk ke halaman 1 hasil pencarian Google. Mesin telusur seperti Google tidak sembarangan memunculkan artikel ke page one.

Artikel yang muncul di halaman 1 ini harus dibuat sesuai dengan keinginan mesin pencari Google. Artikel SEO inilah jawabannya.

Baca juga:   √ Jasa Penulis Artikel Wisata Murah & Terpercaya Rp15.000

1.2. Untuk Mendatangkan Trafik

Artikel SEO ditulis dengan tujuan untuk mendatangkan pengunjung ke website kita.

1.3. Untuk Memaksimalkan Kinerja Sebuah Website

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar website bisa bekerja dengan lebih baik adalah dengan membuat artikel SEO. Artikel SEO dapat memaksimalkan kinerja sebuah website dengan lebih baik lho.

1.4. Branding & Marketing Website

Gak cuma itu, artikel SEO juga difungsikan untuk melakukan branding produk atua website kita. Makin sering muncul di halaman 1, maka brand produk atau web akan semakin bagus.

2. Tujuan Penulisan Artikel Basa

2.1. Untuk Mendeskripsikan Hal Tertentu

Artikel biasa ditulis untuk mendeskripsikan sesuatu hal agar lebih mudah dipahami oleh penggunanya. Pengguna dapat memahami tentang produk atau layanan tertetu dari deskripsi yang dibuat.

2.2. Memberikan Penawaran

Artikel biasa juga sering kali ditulis untuk melakukan penawaran produk ataupun layanan tertentu.

2.3. Menceritakan Pengalaman

Orang yang menceritakan pengalaman juga ditulis menggunakan artikel biasa bukan artikel SEO. Karena cerita pengalaman hanya bertujuan untuk menjelaskan apa saja pengalamannya.

2.4. Memberikan Hiburan

Artikel biasa juga ditujukan untuk memberikan hiburan saja bagi para pembacanya.

Jadi, Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa Adalah…

Mlihat penjelasan di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa perbedaan artikel seo dan artikel biasa itu bisa dilihat dari teknik penulisan dan juga tujuan pembuatannya.

Artikel SEO ditulis dengan menggunakan kaidah penulisan tertentu sementara artikel biasa lebih bebas tanpa aturan yang mengikat. Tujuan penulisan artikel SEO berfokus untuk meningkatkan trafik, artikel biasa hanya untuk memberikan deskripsi yang jelas.

Sudah paham kan sampai sini? Jika masih belum paham atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi kontak kami ya.

Butuh Artikel SEO Kualitas Terbaik? Order di Hallokim Aja!

Untuk anda yang butuh artikel SEO guna meningkatkan trafik website anda, Hallokim menyediakan layanan penulisan artikel SEO dengan kualitas terbaik.

Kami memiliki beberapa pilihan paket artikel SEO. ANda bisa pilih paket artikel sesuai dengan keinginan dan budget yang anda punya.